Home > Riset > Irak Pasca Perang [2]

Irak Pasca Perang [2]

SEJARAH MODERN IRAK

by: harja saputra (2004)

A. Letak Geografis

Irak terletak di Asia bagian barat daya. Sebelah utara berbatasan dengan Turki, sebelah timur berbatasan dengan Iran, sebelah barat berbatasan dengan Syria dan Jordan, dan sebelah selatan berbatasan dengan Saudi Arabia dan Kuwait. Total wilayah Irak adalah 167,975 mil (435,052 kilometer), tidak termasuk zone yang netral yang telah diatur bersama-sama dengan Saudi Arabia sejak 1922. Irak memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1932.

Iraq adalah salah satu negara dunia yang menjadi produsen minyak. Pendapatan minyak dekade terbaru telah digunakan untuk program pengembangan negara dan untuk membangun angkatan bersenjata yang paling kuat di dunia Arab. Kekuatannya itu dipertunjukkan sewaktu perang antara Iran-Iraq (1980–1988) dan invasi Kuwait (1990).[1]

B. Komposisi Kesukuan dan Kebudayaan Irak

Orang-orang Irak Semit masa lampau, Babylonians dan Assyrians, dan yang non-Semitic Sumerians dulu berasimilasi oleh gelombang imigran yang masuk ke Irak. Penaklukan Arab pada abad ke-7 telah menjadikan adanya Arabisasi di pusat dan selatan Irak. Populasi Irak adalah campuran suku Kurdi dan Arab. Lebih dari 3/4 orang-orang Irak adalah suku Arab, sekitar 1/5 adalah suku Kurdi, dan lainnya terdiri dari kelompok minoritas suku lain.Suku Kurdi tergolong sebagai kelompok ethnolinguistic paling besar keempat di timur tengah, walaupun perkiraan populasi bertukar-tukar. Ada suku Kurdi minoritas penting di Irak, Kalkun, Syria, dan Iran. Di Irak sendiri, suku Kurdi memiliki kelompok budaya yang berbeda dan terpisah. Mereka kebanyakan orang Islam dengan menganut mazhab Sunni dan menggunakan bahasa Farsi. Mereka mempunyai struktur kebudayaan yang kuat dan khas, khususnya dalam bidang musik dan tarian. Kebudayaan Irak adalah campuran dari kebudayaan Arab dan kebudaayan Islam secara umum. Terdapat banyak tradisi dan kebiasaan yang sama dengan dunia Arab secara keseluruhan.

Di Iraq, terdapat juga keaneka ragaman budaya. Ada suku pengembara di bagian barat dan selatan Irak yang memiliki daerah kering; penduduk petani di Iraq pusat; penduduk sungai di Irak selatan; penduduk industri di Irak timur laut; penduduk pegunungan di Kurdistan. Semua itu menghasilkan suatu mosaik kultur regional yang melahirkan perbedaan budaya rakyat, baik dari aspek makanan, pakaian, dan arsitektur domestik.Pertumbuhan Irak yang cepat telah mempercepat proses perubahan sosial di Irak. Hubungan sosial yang tradisional hanya terlihat di daerah pedesaan. Alkohol dan gaya hidup Barat (Western Style) banyak dijumpai di kota-kota besar Irak, suatu keadaan yang banyak disayangkan oleh orang Islam fundamentalists. Peran wanita juga mengalami pergeseran, yang awalnya hanya pasif di rumah-rumah namun kemudian mereka aktif di berbagai sector kehidupan masyarakat.

Ada sejumlah museum dan Perpustakaan Nasional di Baghdad. Kota besar itu juga mempunyai beberapa bangunan bagus dari jaman yang sangat makmur, yaitu peninggalan Bani Abbasiyah pada abad ke-8. Sejumlah situs arkeologi terkenal banyak dijumpai di Iraq yang berisi artefak-artefak kuno, seperti di Mosul
Museum dan Iraq Musium di Baghdad. Jutaan wisatawan mengunjungi Iraq setiap tahunnya, juga banyak di antara para penganut Syi’ah mengunjungi tempat suci Karbala’ dan Najaf yang juga terletak di Irak, sebagai bagian dari sejarah Syi’ah.
[2]

C. Pemerintahan dan Sistem Politik Irak

Iraq mengalami beberapa ketidakstabilan politis terutama pada saat bentuk pemerintahannya masih dalam bentuk kerajaan (monarchy) pada tahun 1958. Suku Kurdi, sebagai bagian dari rakyat Irak minoritas, sering mendapat perlakuan diskriminasi. Pada tahun 1970, Irak resmi menjadi sebuah negara republik, dengan kekuasaan perundang-undangan yang secara teoritis memberi hak pada suatu badan pembuat undang-undang (legislatif), eksekutif yang menggerakkan negara dengan adanya presiden, dan para menteri, dan kekuasaan kehakiman di dalam suatu pengadilan mandiri.

Oleh karena Irak mengalami revolusi politik, bagaimanapun, sistem politik beroperasi dengan mengacu kepada pemerintahan konstitutional. Lalu didirikanlah suatu badan yang dinamakan Revolutionary Command Council (RCC), yang semua anggotanya diduduki oleh anggota Partai Ba’th, sebuah partai besar Irak. Kebanyakan anggota RCC adalah militer. RCC memilih ketuanya, yang juga presiden dan pemimpin angkatan bersenjata. Presiden dan Dewan Menteri mempertanggungjawabkan kepada RCC.Setelah Partai Ba’th mendapatkan kekuasaan penuh pada Juli 1968, peta politik Iraq pada hakekatnya berstatus one-party, yang secara nominal semua pengaturan institusi dipengaruhi oleh Partai Ba’th, ideologi Arab sosialisme dan Nasionalisme serta dengan berdasarkan pada doktrin Islam doktrin.

Pada tahun 1973, Iraqi Comunist Party (ICP) setuju untuk bergabung dengan Partai Ba’th, dan pada tahun 1974 kelompok partai politik Kurdi, di antaranya partai Kurdish Democratic Party (KDP) bergabung juga dengan Partai Ba’th. Namun pada tahun 1979, terjadi perselisihan paham serius mengenai kepemimpinan Partai Ba’th, ICP memutuskan untuk tidak lagi bergabung dengan Ba’th dan menjadi pihak oposisi.Tidak ada pemilihan (election) yang diselenggarakan di Irak dari tahun 1958 sampai 1980. Baru pada tahun 1989, dibentuk suatu panitia yang membahas bentuk draft konstitusi baru, yang lebih demokratis dan juga mengijinkan pembentukan partai politik baru.

Iraq dibagi menjadi 18 propinsi (muhafazat), 3 di antaranya adalah daerah otonomi Kurdish. Masing-masing propinsi dipimpin oleh seorang gubernur (muhafiz), yang ditugaskan oleh menteri untuk mengembangkan pembangunan di daerah tersebut.

Propinsi dibagi lagi menjadi 91 distrik (qadawat), yang dipimpin oleh pemimpin distrik (kabupaten). Distrik pun dibagi lagi menjadi daerah-daerah kecil (nahiyat/kecamatan) yang dipimpin oleh pemimpin daerah. Terdapat 141 nahiyat (kecamatan) di Iraq. Sempat terjadi konflik antar para pemimpin politis Irak terutama pasca awal kemerdekaan Irak. Raja Faysal menjalin kerjasama dengan para pemimpin oposisi setelah kemerdekaan.

Tidak lama sesudah Irak merdeka, Jenderal Nuri yang tadinya menjabat perdana menteri sejak 1930, berhenti dari jabatannya. Namun, kemudian Raja Faysal mengundang Rashid Ali al-Gaylani, salah satu dari para pemimpin oposisi, untuk membentuk suatu pemerintah baru. Pada masa yang singkat pasca kemerdekaan Irak ini, nampak bahwa semua tokoh dan pemimpin negeri berusaha untuk melakukan perubahan internal. Namun kemudian, perselisihan internal segera mencuat. peristiwa peristiwa pertama adalah pemberontakan Assyrian pada tahun 1933. Assyrians, yakni kelompok masyarakat minoritas Kristen Irak. Assyrians mulai merasakan tidak kuat dan menuntut perubahan baru. Lalu di musim panas tahun 1933, ketika Raja Faysal di Eropa, kelompok oposisi ini, ingin mengumandangkan reformasi dengan mengajukan tuntutan agar pemimpin Irak berpihak pula kepada kelompok minoritas.

Terjadi keributan di Irak, ketika beberapa anggota Assyrians dengan brutal dibunuh. Peristiwa ini kemudian dibawa untuk mendapat perhatian dari PBB. Ketika ia kembali ke Baghdad, ia menemukan situasi yang di luar kendalinya, yaitu ia terserang gangguan hati/jantung, lalu ia kembali ke Switzerland, di mana ia meninggal pada bulan September 1933. Sebuah peristiwa Assyrian menyempurnakan kejatuhan Rashid ‘ Ali dan penggantiannya oleh suatu pemerintahan yang moderat.Faysal digantikan oleh putranya, King Ghazi (1912–1939), yang masih muda dan kurang berpengalaman. Hal itu memberikan angin bagi para pemimpin politis sebagai kesempatan untuk bersaing untuk berkuasa. Kekacauan pun muncul sehingga banyak kalangan yang meminta King Ghazi untuk mengundurkan diri.

Setelah Ghazi berhenti, perdana menteri Irak digantikan oleh Hikmat Sulayman pada bulan Oktober 1936 dengan didampingi oleh Bakr Sidqi sebagai panglima militer. Keadaan politik pada masa Hikmat Sulayman terus memanas, hal itu terbukti dengan terbunuhnya Bakr Sidqi oleh kelompok yang menginginkan peralihan kekuasaan militer.

Di pihak lain, meskipun terdapat ketidakstabilan politis, dari segi pembangunan ekonomi Irak mengalami kemajuan yang cepat. Proyek irigasi Kut al-‘Amarah dirancang dan selesai pada tahun 1934. Saluran dari ladang minyak Kirkuk ke Mediterania dibuka pada tahun 1935. Stasiun kereta api, yang menghubungkan antara Teluk Persia, diselesaikan pada tahun 1938. Ada juga suatu peningkatan nyata dalam bidang konstruksi, perdagangan luar negeri, dan fasilitas bidang pendidikan.[3]

D. Ekonomi

Minyak adalah mineral sangat berharga bagi Irak. Negeri ini mempunyai ladang minyak paling besar kedua dunia setelah Saudi Arabia. Irak menduduki eksportir minyak paling besar kedua dunia pada tahun 1980, sebelum peperangan dengan Iran.

Sebagai anggota organisasi minyak OPEC, Irak berkewajiban mematuhi kuota produksi yang telah disepakati. Ladang minyak pertama yang ditemukan di Irak pada tahun 1927 adalah di daerah Kirkuk oleh perusahaan minyak asing Turkish of Petroleum Company (yang berganti nama menjadi Irak of Petroleum Company pada tahun 1929). Penemuan selanjutnya adalah di daerah Mosul dan Basra, dan di beberapa daerah lain pada tahun 1940-1950. Irak of Petroleum Company kemudian dinasionalisasi pada tahun 1972, dan pada tahun 1975 semua perusahaan minyak asing telah dinasionalisasikan. Di wilayah utara Irak, khususnya Kirkuk, Jambur, dan Bay Hasan merupakan ladang minyak utama Irak. Di wilayah selatan, yang meliputi Rumaylah Utara, Zubayr, Rumaylah, dan Nahr ‘Umar, mempunyai cadangan yang paling besar. Rumaylah merupakan kawasan yang menjadi perselisihan dengan Kuwait pada tahun 1990.

Di kota Mosul terdapat juga cadangan minyak meskipun bernilai lebih rendah dan lebih kecil. Daerah baru yang sedang dalam pengembangan untuk di bangun ladang minyak adalah wilayah timur dan Irak pusat, termasuk Baghdad. Irak tergolong negara kedua yang makmur dan kaya di dunia Arab setelah Saudi Arabia, dan menempati posisi paling besar ketiga di timur tengah. Minyak adalah sektor yang paling utama yang menyokong perekonomian Irak. Minyak menyokong kira-kira 50% produk domestik kotor, pertanian dan industri masing-masing 10 persen, dan perdagangan 30%. Minyak memang menjadi devisa utama negara, sehingga memungkinkan pemerintah untuk menetapkan pengembangan pembangunan, termasuk penganeka-ragaman industri, peningkatan pertanian, dan ekspor minyak. Pada waktu yang sama, investasi di dalam infrastruktur begitu tinggi, khususnya di dalam proyek air, jalan kereta api, dan elektrifikasi pedesaan. Namun kemudian, sepanjang tahun 1980, peperangan antara Irak-Iran telah memporakporandakan perekonomian negara. Ekonomi menghadapi sejumlah permasalahan, mencakup hutang asing yang sangat besar, kekurangan tenaga kerja, dan sebagainya.Ekonomi dikuasai oleh pihak-pihak swasta, karena sejak tahun 1987 telah disusun liberalisasi ekonomi untuk mendorong investasi pribadi, terutama sekali di dalam perusahaan komersil dan industri kecil.[4]


[1] Encyclopedia of Britannica, 2002. Pada Entri “Iraq”.

[2] Encylopedia of Britannica, 2002. Pada entri “Iraq, people”.

[3] Ibid., pada entri “Iraq, History”

[4] Ibid., pada entri “Iraq, economy”.

Categories: Riset
  1. June 18, 2007 at 3:34 pm

    hai…
    pas banget, nih infonya! aku lagi cari info irak bwt tgs kul🙂
    thx!

  2. July 26, 2007 at 8:43 am

    bgmn keadaan perekonomian negara IRAK tahun 2010?
    tahun 2007 1u$d=1300 dinar
    tahun 2010 1u$d=……… dinar?
    ada yang bisa jwb pertanyaanku?
    tolong bantu aku yah!!!

  3. indri
    September 10, 2007 at 2:04 am

    Saya adl salah satu orang yg sedang meneliti mengenai Iraq, khususnya lagi mengenai partai Ba’th, bolehkah saya memperoleh informasi lengkap mengenai Iraq maupun Ba’th yg anda punya? Terima kasih sebelumnya -indri-

  4. Andy Kusumo
    October 19, 2008 at 12:26 pm

    Boleh tanya ….
    Saya lagi mencari berita tentang Iran Pasca Perang [2]
    Tolongin dong T_T

  5. July 25, 2011 at 7:40 am

    Huuaa, makasih bgd iiah infonya ~ ngga tau harus bilang apa lagi🙂 aku cari info irak, buat tugas skolah, muter* aku nyarinya, ternyata dsene ada. lengkap pula🙂 makasih bgd pokoknya, ini sangat sekali membantu saya🙂

    • harjasaputra
      July 25, 2011 at 11:00 pm

      Sama2..indahnya berbagi..kunjungi pula website saya di http://www.harjasaputra.com
      pasti banyak info lain yang fresh..hahha..jadi iklan

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: