Home > Filsafat, Keseharian > Tuhan dan Kata

Tuhan dan Kata

by: harja saputra (2005)

Adakah bukti untuk menunjukkan bahwa manusia selalu rindu terhadap sesuatu yang absolute (Tuhan)?

Sebetulnya, dalam kehidupan kita, yang sering tidak kita sadari dapat dengan mudah membuktikan bahwa kita selalu rindu dan selalu menyatukan diri kita dengan Tuhan. Apa buktinya?

Penyatuan diri kita dengan Tuhan dapat ditelusuri dari penggunaan kata-kata yang selalu dipakai dalam mengungkapkan sesuatu yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata baku. Ketika kita sedih dan menangis, susunan kata yang keluar adalah “huuu-huuu-huu” atau “hiks, hiks, hiks”. Ketika kita bahagia dan tertawa susunan kata yang keluar adalah “hahaha”, ketika kita terhimpit oleh masalah maka kita akan menarik nafas sambil mengungkapkan kata “huh”. Ketika kita merasakan kenikmatan yang luar biasa, kata yang keluar adalah “ah-uh”. Ketika kita ingat sesuatu atau mengerti sesuatu kita akan berucap “Oooh”.

Pokoknya dalam setiap perasaan yang tak mungkin terwakili dengan kata-kata baku kita pasti mengungkapkan satu kata yang tidak terlepas dari huruf “h”. Yang selalu menjadi misteri bagi para peneliti bahasa, ungkapan perasaan yang terdiri dari rangkaian huruf “h” tersebut selalu ada di setiap peradaban di manapun berada. Apakah makna yang tersembunyi dari huruf “h” tersebut?

Dalam tradisi filsafat timur, ungkapan perasaan yang terwakili dengan huruf “h” tersebut adalah penyatuan diri dengan Tuhan. “H” di sana adalah memanggil nama “Allah” yang dalam tradisi mistik timur ketika seseorang mencapai ekstase maka ketika menyebut Allah ia hanya menyebut “hu”. Jadi, ketika kita merasakan sesuatu yang luar biasa maka kita secara tidak sadar menyebut nama Tuhan (Allah) dalam ungkapan kata “h”.

Categories: Filsafat, Keseharian
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: