Home > IT > Mistisisme dalam Sains (IT)

Mistisisme dalam Sains (IT)

by: harja saputra (2004)

 

Mysticism dalam sains ada di bilangan binner (1 dan 0)..Chip itu ujung2nya selalu angka 1 dan 0 dan tergabung bersama arus listrik menjadi satu medanlistrik tertentu yg bisa menggerakkan energi dalam bentuk lain. Dan seluruh basic command komputer adalah pada bilangan binner.

Nah kuncinya ada di bilangan binner, 1 dan 0. Ini maknanya dalam..1 dan 0 juga merupakan inti dasar mysticisme.

Ali Syariati dalam salah satu puisi mistiknya mengatakan, relasi antara manusia dan Tuhan adalah seperti angka 0 dan 1. 1 berarti Tuhan dan 0 berarti manusia. Kalau qta ingin berarti harus dibelakang Tuhan, sebagaimana angka 0 yg kalau ingin berarti harus berada di belakang 1. Kalau di depan satu meskpn banyak tdk akan berarti apa-apa:

000001 akan dibaca 1…tapi 1000 akan dibaca seribu…disinilah letak arti penghambaan dan ibadah. Sombong adalah ketika dirinya (yang 0) berada di depan angka 1…padahal ia tidak akan berarti apa-apa…dan taat serta saleh adalah yang tau akan posisinya yang 0 dan ia memposisikan diri di belakang 1..menjadi hamba-Nya yang taat karena sesungguhnya keberadaan manusia adalah selalu tergantung terhadap keberadaan (wujud) Tuhan, sebagaimana keberadaan 0 yang tidak berarti apa-apa jika tidak ada 1.

1 dan 0 juga sebetulnya lambang dari cinta. 0 selalu butuh terhadap 1 dan sebaliknya. Seperti aliran listrik antara negatif dan positif. Seperti atom dan neutron. Selalu bersama2. Itu adalah cinta abadi dalam kehidupan alam..selalu berpasang2an..1 dan 0…lelaki dan wanita..lelaki 1 dan wanita 0..bukan berarti wanta 0 dlm bilangan tp unsur 0 yg selalu saling terikat dengan 1.

Categories: IT
  1. March 27, 2007 at 2:12 am

    Salam,
    Halo Kang Harja, diam2 punya blog juga neh… IMHO, relasi mistisisme dg IT direpresentasikan dg baik oleh teori FUZZY LOGIC! Tp ini cuma fantasi liar saya, saya sedang berangan-angan merelasikannya dg filsafat iluminasi ttg gradasi cahaya…..hehe.
    Anyway, nice post!

  2. April 19, 2007 at 2:41 am

    kalau boleh tau, Kang Harja ini juga pecinta AB?

  3. harjasaputra
    April 19, 2007 at 9:13 am

    Halo bang Yasser…arti “pencinta Ahlul Bayt” terlalu berat bagi saya…seperti Imam Ali Zainal Abidin pernah berkata kepada sahabatnya yang rajin beribadah dan bersedekah lalu bertanya kepada beliau, “apakah aku layak disebut pencinta dan pengikutmu?” Imam Ali menjawab, “Ketika masih ada orang yang merasa lapar di sekitarmu, sementara Anda tidak memperdulikannya, Anda bukan pencinta kami”…susaaah jadi pencinta Ahlul Bayt. Ane seh ordinary people aja bang…

  4. May 8, 2007 at 4:15 pm

    oh ya sudah. jadi jelas sudah bagi saya, siapa Antum.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: